Sosialisasi pendaftaran penduduk & pelayanan pencetakan KIA oleh Disdukcapil Provinsi Kalbar bersama Disdukcapil Kota Pontianak

  • BY IRNI
  • ON 28 APRIL 2021
  • 99 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1762048140_WhatsApp_Image_2021.04.28_at_9.21.01_AM.jpeg

Pontianak (28/04/2021). Pada hari Rabu, Tanggal 28 April 2021, bertempat di Aula Gedung Terpadu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak, dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Terkait Pendaftaran Penduduk sekaligus Pelayanan Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) Usia 0-16 tahun di mana kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat dan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak, Ibu Erma Suryani, S.sos, M.Si, dan dilanjutkan paparan tentang Sosialisasi KIA oleh Kepala Bidang Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Prov. Kalbar.

Peserta pada kegiatan Sosialisasi KIA pada kali ini adalah BAPPEDA Kota Pontianak, Dinas Perpustakaan, DP2KBP3A, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat, Lurah dan 60 (enam puluh) Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta di Kota Pontianak.

Erma menyebutkan bahwa KIA telah dilaksanakan sejak  tahun 2016. Ini ditandai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Dengan adanya PERMENDAGRI tersebut, anak yang berumur di bawah 17 tahun yang selama ini tidak memiliki kartu identitas seperti ktp elektronik dapat memiliki kartu identitasnya sendiri dengan penerbitan kia.

Tujuan diterbitkannya KIA adalah meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara dalam hal ini anak berusia 0 – 16 tahun.

Jumlah penduduk Kota Pontianak semester II tahun 2020 adalah sebesar 671.598 jiwa. Dari jumlah tersebut anak yang berumur 0 – 16 tahun adalah berjumlah 192.557 jiwa. Target pencetakan Kartu Identitas Anak dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2021 adalah sebesar 30%. Hingga bulan maret 2021, capaian pencetakan KIA di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak adalah sebesar 23.98 %.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak untuk meningkatkat  capaian KIA adalah (1) pencetakan langsung Kartu Identitas Anak untuk warga yang melakukan permohonan pencetakan akta kelahiran di kantor disdukcapil; (2) Menambahkan dokumen KIA untuk inovasi BALAK (bayi lahir pulang bawa akta) di mana Dinas Kependudkan Dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri; serta (3) sebelum kondisi covid-19 melakukan jemput bola pencetakan KIA ke PAUD, TK dan Sekolah Dasar.

Untuk pencetakan KIA persyaratannya cukup mudah. Hanya dengan membawa fc Kartu Keluarga (KK) dan fc Akte Kelahiran bagi anak usia 0-5 tahun. Bagi anak yang berusia di atas 5 tahun, persyaratan ditambah melampirkan pas photo 3x4 sebanyak 1 lembar.

Untuk tahap awal percepatan pencetakan KIA ini akan melakukan pencetakan KIA sebanyak 1.800 NIK. Selanjutnya secara bertahap dari tiap sekolah bisa tetap memasukkan permohonan untuk pencetakan kia ke disdukcapil kota pontianak.

Erma berharap Kegiatan Sosialisasi dan Percepatan Kepemilikan Kartu Identitas Anak ini dapat dilakukan secara rutin agar lebih banyak masyarakat yang dapat dijangkau dan masyarakat lebih paham tentang pentingnya kartu identitas anak serta kepemilikan kia di kota pontianak dapat meningkat setiap tahunnya. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat Wonderful Borneo Kalbar Kota Pontianak