Sosialisasi Pencatatan Perkawinan

  • BY IRNI
  • ON 12 JUNI 2021
  • 247 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_4789177475_WhatsApp_Image_2021.06.12_at_19.20.40.jpeg

Pontianak (12-06-2021). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak melaksanakan kegiatan baru, yaitu Sosialisasi Pencatatan Perkawinan yang dilakukan di tempat ibadah bagi warga Non Muslim. Seperti yang tertera pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan bahwa penduduk non Muslim wajib mencatatkan pernikahannya di Pencatatan Sipil sesuai domisili setelah melakukan pernikahan di tempat ibadah masing-masing.

Sayangnya, masih banyak dari masyarakat yang menikah hanya dilakukan di tempat ibadah atau adat tanpa mencatatkan pernikahannya lagi ke Dukcapil. Hal ini lah yang mendorong Bidang Pencatatan Sipil untuk melakukan sosialisasi.

Pada hari Sabtu, tanggal 12 Juni 2021 bertempat di Aula Gereja Bethel Indonesia, Jalan Karya Baru Gg. Karya Baru IV Kecamatan Pontianak Selatan, dilaksanakan sosialisasi Pencatatan Perkawinan. Kegiatan sosialisasi ini langsung diisi oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak, Ibu Dini Eka Wahyunu, S.STP, M.T

Untuk persyaratan bagi masyarakat yang ingin mencatatkan pernikahannya di Disdukcapil dan mendapatkan Akta Perkawinan, beberapa dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Formulir yang diisi lengkap
  2. Surat Keterangan telah terjadinya pernikahan oleh pemuka agama atau penghayat
  3. Pass Photo berwarna suami dan istri
  4. Kartu keluarga suami dan istri
  5. Fotocopy KTP-el suami dan istri
  6. Fotocopy Akta Kelahiran suami dan istri
  7. Bagi Janda/Duda yang cerai mati, melampirkan Akta Kematiannya
  8. bagi Janda/Duda yang cerai hidup, melampirkan Akta Perceraian
  9. Surat keterangan belum kawin dari Dukcapil daerah asal.

Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan pencatatan pernikahan dapat melakukan pendaftaran ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak melalui pendaftaran online di https://online.disdukcapil.pontianakkota.go.id/pendaftaran/akta-kawin (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak