Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Rumah Sakit Swasta di Kota Pontianak

  • BY IRNI
  • ON 04 MARET 2021
  • 392 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1119142120_WhatsApp_Image_2021.03.03_at_2.28.44_PM.jpeg

Pontianak (04/03/2021). Pada hari Rabu, tanggal 3 Maret 2021, bertempat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak diselenggarakan sosialisasi pemberian hak akses dan pemanfaatan data kependudukan kepada 4 (empat) Rumah Sakit Swasta di Kota Pontianak. Keempat Rumah Sakit Swasta tersebut adalah RSU Antonius, RS Anugrah Bunda Khatulistiwa, RSB Jeumpa, dan RS YARSI.

Pemanfaatan Data Kependudukan sudah dilakukan sejak tahun 2015. Hingga tahun 2021 ini, sudah banyak instansi yang memanfaatan data kependudukan seperti BPJS, Bank, Kepolisian, hingga di tingkat Kota Pontianak sudah 13 (tiga belas) instansi yang melakukan Penandatangan PKS dengan Disdukcapil Kota Pontianak.

Setelah instansi dilingkungan pemerintahan, Disdukcapil Kota Pontianak kemudian melakukan sosialisasi pemanfaatan data kependudukan ini kepada Rumah Sakit Swasta yang ada di Kota Pontianak. Dengan menggunakan hak akses dan pemanfaatan data kependudukan, Rumah Sakit bisa dapat melakukan verifikasi langsung data kependudukan pasien yang datang dengan menggunakan 3 metode yaitu web service, web portal dan card reader.

Selama ini, di Rumah Sakit sudah menggunakan data kependudukan untuk pendataan pasiennya. Misal untuk Rumah Sakit Antonius dan RS Anugerah Bunda Khatulistiwa, untuk pelayanan pasiennya menggunakan KTP/SIM/Passpor. Sedangkan untuk RS YARSI dan RSB Jeumpa menggunakan KTP/KK/Kartu BPJS. Dengan diberikannya hak akses pemanfaatan data, proses pelayanan dengan kartu tersebut dapat diverifikasi data terbaru dari pasien tersebut. Ini dpaat digunakan untuk proses klaim asuransi ataupun saat pembuatan Akte Kelahiran atau Akte Kematian.

Rumah Sakit Swasta merespon baik sosialisasi pemanfaatan data kependudukan ini. Setelah dilakukan sosialisasi, diharapkan Rumah Sakit dapat merespon kegiatan ini dan mengajukan permohonan perjanjian kerjasama sebagai satu langkah proses sebelum pelaksanaan penandatanganan PKS dilaksanakan. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak