Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Kependudukan : Pengunaan Web Portal Untuk Semua

  • BY IRNI
  • ON 06 OKTOBER 2021
  • 38 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1049089501_WhatsApp_Image_2021.10.06_at_1.35.11_PM.jpeg

Pontianak (06/10/2021).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak pada hari Rabu, tanggal 6 Oktober 2021 melaksanakan Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Kependudukan dengan tema : Menuju Satu Data Nasional melalui SIAK Terpusat.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Kependudukan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak Ibu Erma Suryani, S.Sos, M.Si. Erma menyebutkan, sampai dengan tahun 2021 ini, sudah ada 13 Perangkat Daerah yang melakukan kerja sama pemanfaatan data kependudukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.

Dari 13 perangkat daerah tersebut, ada 9 perangkat daerah yang telah memanfaatkan data kependudukan dengan menggunakan sistem web service yaitu Dinas Kesehatan, DPMTK PTSP, Dinas Sosial, dan 6 Kecamatan se-Kota Pontianak.  Dan satu perangkat daerah yang memanfaatkan data kependudukan melalui aplikasi web Portal yaitu DP2KBP3A.

Mulai tanggal 22 September 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak, bersama dengan 50 kabupaten/Kota di seluruh Indonesia menjadi pilot project ujicoba siak terpusat. Dengan pelaksanaan SIAK Terpusat ini, maka Disdukcapil Kota Pontianak tidak bisa melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan secara manual lagi. Seluruh kegiatan validasi dan verifikasi harus dilakukan mandiri oleh Perangkat Daerah dengan menggunakan web portal melalui perjanjian Kerjamsama.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disducapil Kota Pontianak Bapak Yopie Indra Pribadi, S.Kom, M.Eng. Yopie menjelaskan tentang pentingnya orang atau sekelompok orang untuk menjadikan data yang update sebagai acuan. Ini sesuai dengan kutipan dari Presiden Indonesia bahwa data adalah menjadi aset nasional.

Yopie juga menjelaskan tentang apa-apa saja yang menjadi kelebihan yang bisa diambil dengan pelaksanaan pemanfaatan data melalui web portal seperti kegiatan pemanfaatan data lebih murah dan simpel dan database kependudukan lebih aman dikarenakan hanya diperuntukkan untuk data dengan NIK sebagai acuan.

Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi Kalimantan Barat Ibu Mariani juga memberikan pandangan terkait pemanfaatan data kependudukan ini. Menurutnya, Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah dinas yang bekerja untuk menggumpulkan data perihal kependudukan dan pencatatan sipil sehingga data kependudukan seluruhnya terkumpul di Dinas Dukcapil. Oleh karena itu selayaknya Perangkat Daerah melakukan kerjasama pemanfaatan data ini untuk seluruh kegiatan yang ada di perangkat daerah mulai dari validasi, verifikasi data layanan, perencanaan pembangunan, dan lain sebagainya.

Dengan masuknya penyelenggaraan pemanfaatan data kependudukan ini di dalam LPPD Pemerintah Kota Pontianak, Disducapil berharap bahwa seluruh Perangkat Daerah bisa melakukan kerjasama dengan Disdukcapil termasuk juga Badan Hukum Indonesia yang ada di daerah Kota Pontianak. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak