PPDB 2019, KK dan Akta Kelahiran Tidak Perlu Dilegalisir

  • BY IRNI
  • ON 19 JUNI 2019
  • 1756 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_2429684630_PPDB_2019.jpg

Pontianak (19/06/2019). Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2019 untuk tingkat SMA/SMK yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 - 26 Juni 2019, dan untuk tingkat SMP dan SD yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 4 Juli 2019. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ditingkat Kota Pontianak (14/06/2019) dan Propinsi Kalimantan Barat (18/06/2019) terkait pemanfaatan dokumen kependudukan sebagai persyaratan PPDB 2019 yaitu Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Hasil rapat koordinasi tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan bahwa syarat untuk mendaftar SD, SMP dan SMA/SMK hanya perlu membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran tanpa dilegalisir dan menunjukkan dokumen aslinya, serta tidak mempersyaratkan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai dokumen pendaftaran.

Ini didukung juga dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 27 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Jenjang Sekolah Menegah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa Propinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2019 (download pergub di sini).

Berdasarkan kesepakatan bersama, segala hal yang berhubungan dengan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan dalam PPDB, dapat ditanyakan langsung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Barat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak tidak mengeluarkan surat keterangan dalam bentuk apapun berhubungan dengan PPDB 2019.

Koordinasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan karena setiap tahunnya begitu melonjak  permintaan legalisasi dokumen kependudukan dan permintaan Surat Keterangan kependudukan oleh masyarakat Kota Pontianak jelang penerimaan Tahun Ajaran baru. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat Kota Pontianak