Pendataan Dokumen Hilang Bagi Masyarakat Korban Kebakaran

  • BY IRNI
  • ON 18 AGUSTUS 2021
  • 76 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_1883350440_WhatsApp_Image_2021.08.16_at_8.23.31_PM.jpeg

Pontianak (18/08/2021). Dokumen Kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Kependudukan. Setiap warga yang baru lahir diamanatkan untuk segera membuat Akta Kelahiran dan dimasukkan ke dalam Kartu Keluarga. Untuk penduduk yang sudah berumur 17 tahun untuk segera melakukan perekaman biometri guna pembuatan KTP-el.

Pada perkembangannya, dokumen kependudukan bisa hilang atau rusak terutama saat terjadi musibah kebakaran, banjir, puting beliung dan lain sebagainya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak terus berusaha bekerja mendata dokumen kependudukan bagi penduduk yang terkena musibah tersebuh baik yang rusak maupun yang hilang.

Pada hari Senin tanggal 16 Agustus dan hari Rabu tanggal 18 Agustus 2021 di tengah suasana hari kemerdekaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak mendata penduduk yang terkena musibah kebakaran. Pendataan dilakukan di Jalan Sejarah, Kecamatan Pontianak Kota dan di Sungai Raya Dalam, Kompleks Bali Mas I Kecamatan Pontianak Tenggara.

Setelah dilakukan pendataan, dokumen warga yang mengalami musibah langsung diurus untuk segera dibuatkan Kartu Keluarga dan KTP-el baru.

Kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak sebagai bentuk bantuan dan tanggung jawab dokumen kependuduk bagi masyarakat Kota Pontianak. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat Kalbar Kota Pontianak