Daftar Suara Anda

18Mar
19

Irham Maulana

Isi Pesan :

Yang sudah punya E-KTP tapi masih ada masa berlaku nya itu bagaimana??

Balasan :

Yth. Saudara Ilham. KTP-el yang habis masa berlakunya, dianggap berlaku seumur hidup selama tidak ada perubahan elemen data di dalamnya sesuai SE Mendagri 470/296 /SJ tentang KTP El Berlaku Seumur Hidup tanggal 29 Januari 2016. Silakan klik https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/page/surat-edaran-mendagri

14Mar
19

VALENCIA FRANSISKA

Isi Pesan :

Pada minggu lalu saya sudah memasukkan berkas untuk mengurus akte lahir saya yg hilang. dan di prediksi akan selesai pada tanggal 11 maret 2019. Tapi sampai hari ini, akte lahir saya belum selesai. Saya membutuhkan akte lahir tersebut untuk mengurus akte perkawinan saya. Mohon bantuan untuk segera di proses. Terima Kasih.

Balasan :

Terima kasih mbak valencia. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Setelah kami periksa ternyata ada perbedaan data antara Kartu Keluarga dengan Akta lahir yang ada, sehingga tertunda (pending) penyelesaiannya. Di dalam kutipan ke2 yang diterbitkan (berdasar akta lahir yang hilang tersebut dan mekanisme pencocokan data dalam register kami) tertulis tahun lahir 1994,sedangkan data di dalam Kartu keluarga tertulis tahun 1995. Mohon temui Kasi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian untuk menjelaskan info kelahiran yang benar seperti apa. Terima kasih.

14Mar
19

Arfan Maulidian

Isi Pesan :

Mohon di respon kami mau ganti data di KTP kami sesuai data alamat tempat tinggal sekarang sesuai KK sedangkan kami sudah perekaman sekitar seminggu yang lalu Ribon (tinta) habis. Kapan kami bisa kembali lagi ke Disdukcapil Kota Pontianak terima kasih

Balasan :

Untuk saat ini ribbon masih belum tersedia, namun kami upayakan dalam waktu dekat bisa tersedia. Karena pengadaan ribbon masih dalam proses. Mohon cek pengumuman di website kami. Terima kasih.

14Mar
19

Arfan Maulidian

Isi Pesan :

Mohon di respon pertanyaan kami

14Mar
19

Arfan Maulidian

Isi Pesan :

Mohon info untuk ketersediaanRibon (tinta) apakah sudah ada, kami mau cetak E-KTP

14Mar
19

Irham

Isi Pesan :

KTP saya masih ada masa berlaku nya... Kalau cetak ulang bisa tidak ya?? Dan ganti masa berlaku nya menjadi SEUMUR HIDUP??

Balasan :

Selama ketersediaan pencetakan lengkap seperti blangko, ribbon, dan lainnya, maka bisa dicetak di kantor Disdukcapil Kota Pontianak.

08Mar
19

Sahran

Isi Pesan :

Hari ini saya ke dukcapil pontianak untuk mengurus pembuatan KK baru (karena baru nikah dan domisili saya pontianak) sekaligus lapor pindah datang untuk isteri saya (karena isteri dari kapuas hulu). Semua berkas dari RT, lurah dan camat sudah lengkap saya bawa, namun petugas loket tidak mau memproses dengan alasan : 1) saya tidak membawa KK asli, 2) saya belum bisa membayar denda keterlambatan melapor pindah datang isteri saya. Sedangkan berdasarkan Perda kota pontianak no 10 tahun 2016 pasal 17 tidak ada 1 penjelasan yang menjelaskan bahwa persyaratan penerbitan KK baru harus membawa/menunjukan KK asli dan sudah membayar denda administratif. Jadi di sini saya yang kurang paham dengan Perda itu atau bagaimana?

Balasan :

Perda untuk sanksi administratif bisa anda lihat di https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/page/sanksi-administratif. Untuk pemecahan Kartu Keluarga tetap harus membawa KK asli, karena nama anggota keluarga yang baru akan dimasukkan ke dalam KK, sehingga KK asli yang lama perlu ditarik untuk diganti dengan penerbitan KK yang baru. Terima kasih.

27Feb
19

lutfi akbar indrawan

Isi Pesan :

saya baru keluar dari kartu keluarga orangtua dan membuat kartu keluarga sendiri tetapi saat hendak ingin mengurus dipontianak saya kecurian tas disitu terdapat kk orangtua saya dan surat pindah kk saya ,sebelumnya kk saya dan orangtua dari disdukcapil kabupaten landak, apakah saya bisa mengurus semua surat ini di dukcapil pontianak

Balasan :

Sdr lutfi. Surat pindah bisa diproses di Pontianak, selama ada nomor surat pindah dari daerah asal. Sebab itu yang akan dibaca/ditarik oleh sistem.

31Jan
19

Astari

Isi Pesan :

Selamat malam, sy mau bertanya .. Sy mau mngurus surat pindah dr kuburaya ke kotamadya . Sy sudah mndapatkan surat pngantar dr RT cuma sy kmrin tidak langsung mnyerahkan ke capil krna sy sudah keburu melahirkan . Dan skrg sy mau mngurus surat pindah lagi dan sudah melebihi btas waktu 30hr, apakah surat pngantar dr RT yg lama masih berlaku dan apakah dikenakan denda ? Terimakasih

Balasan :

Selamat malam sdr astari. Surat pindah dari kuburaya harus yang sudah dikeluarkan Disdukcapil Kuburaya. Pindah datang penduduk WNI dari luar Kota Pontianak yang terlambat melapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak lewat 1 (satu) bulan dikenakan denda sebesar Rp. 25.000.- (dua puluh lima ribu rupiah) dan berbeda juga untuk lebih dari 2 bulan dan di atas 3 bulan. Silakan lihat di menu website kami di bagian sanksi administratif. Terima kasih.

31Jan
19

fidelis matroli

Isi Pesan :

selamat siang, saya ingin bertanya.. saya orang asli kabupaten sekada, namun sekarang saya dipontianak kuliah pada saat ini saya belum mempunyai e-ktp, apakah saya bisa membuat kktp di dukcapil pontiana? karena saya tidak sempat ke sekadau untuk membuat ktp.

Balasan :

Selamat malam saudara fidelis. Silakan rekam ktpel di lantai 1 kantor disdukcapil jalan sutoyo. Sertakan foto kopi KK dan waktu rekam untuk penduduk luar domisili adalah jam 14 ke atas selama hari kerja Senin-Jum'at, karena jadwal perekaman dari pagi lebih diutamakan penduduk kota Pontianak. Terima kasih.

31Jan
19

Oktavius

Isi Pesan :

Bulan des 2018, anak saya ada rekam e-ktp dan sudah mendapat sementaranya. Kapan bisa dapat aslinya yaa.. klangko kosaong sampai kapan

Balasan :

Selamat malam bapak. Blangko sudah ada kami umumkan di website. Di menu pengumuman. Jadi bapak silakan datang ke kantor disdukcapil temui bidang pelayanan pendaftaran penduduk seksi identitas penduduk.

28Jan
19

dapnie

Isi Pesan :

Apa saja yang diperlukan untuk melegalisir akta kelahiran ya??

Balasan :

Selamat siang. jadi yang diperlukan untuk legalisir akta kelahiran adalah dengan membawa akta kelahiran yang asli . Jika akta kelahiran diterbitkan oleh Dinas Dukcapil di luar kota Pontianak, maka tetap harus membawa akta kelahiran yang asli dan mengisi surat pernyataan kebenaran data yang formulirnya bisa didapat di Dinas. Terima kasih.

24Jan
19

heny

Isi Pesan :

DH Humas DISDUKCAPIL Untuk pengambilan KTP di kantor capil kehabisan blanko, maka saya diarahkan untuk membuta website DISDUKCAPIL untuk mendapatkan blanko tersebut. Setelah websitenya dibuka, langkah selanjutnya apa yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan blanko tersebut? Dan bagaimana cara merubah tanggal lahir pada KTP dan KK ke kantor capil? Surat keterangan dari kecamatan sudah ada. Mohon segera ditanggapi Terima kasih

Balasan :

Yth. Saudara heny. Bisa kami luriskan, yang dimaksud dalam informasi itu adalah cek informasi ketersediaan blangko di website (menu pengumuman), dan bukan untuk mendapat blangko yang dimaksud. Jika di dalam info web kami menjelaskan ada blangko, maka pencetakan ktp dapat dilakukan. Jika info web kami menjelaskan tidak ada blangko, maka pencetakan ktp el tidak dapat dilakukan. Cara mengubah tanggal lahir pada KTP adalah dengan cara mengubah di KK dulu dengan menyertakan dokumen dasar seperti akta kelahiran dan ijazah pendidikan terakhir. Oleh sebab itu jika keperluan saudara Heny adalah untuk mendapatkan KTP nya silakan serahkan surat keterangan perekaman KTPel kepada petugas pendaftaran di lantai 1. Terima kasih.

09Jan
19

Rhicard Geovadri Layarda

Isi Pesan :

Saya ingin menanyakan cara memperbaiki Ijazah yang salah penulisan Soalnya beda amat Saya lahir di segedong Dan KK saya dari Sd sampai smp itu segedong Tetapi di ijazah ditulis Siantan Dan di SKHU Smp penulisan nya benar tapi salahnya di ijazah Apakah ada cara Saya sekarang masih pelajar kelas 3 SMK Mengingat pentingnya Ijazah untuk kerja dan kuliah nanti

Balasan :

Terima kasih saudara Rhicard. Cara memperbaiki ijazah adalah dengan menanyakan hal tersebut di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak. Untuk tugas dan fungsi pokok kami adalah penerbitan dokumen yang terkait peristiwa kependudukan dan peristiwa penting, seperti akta, KK dan lainnya.

08Jan
19

MUHAMMAD KAMARUDIN

Isi Pesan :

saya ingin mengetahui kapan bisa cetak ulang KTP-el yang rusak?

Balasan :

Jika dalam kondisi normal maka KTP-el anda bisa dicetak ulang di kantor Disdukcapil. Tetapi berhubung blangko KTP-el sedang kosong dan pencetakan diutamakan bagi penduduk yang memang masih belum pernah mendapat KTP-el, maka disarankan untuk menggantinya dengan Surat Keterangan pernah merekam, yang juga didapat dari Disdukcapil. Simak selalu ketersediaan blangko dan material KTP lainnya di website kami.

07Jan
19

Bonny Hernanda

Isi Pesan :

Yth DISDUKCAPIL, Saya ingin menanyakan terkait pencetakan e-KTP baru karena proses pindah alamat. Saya telah mengurus pindah dari Kab Kubu Raya menuju Pontianak Selatan, tepat nya di daerah purnama. Saat ini KK dgn alamat baru saya telah terbit, namun e-KTP saya masih alamat yang lama. Bagaimana prosedur utk mengurus pencetakan ulang e-KTP agar sesuai dgn KK saya yang terupdate ya? Terima kasih

Balasan :

Saran kami, jika dalam kondisi normal maka KTP-el anda bisa dicetak ulang di kantor Disdukcapil. Tetapi berhubung blangko KTP-el sedang kosong dan pencetakan diutamakan bagi penduduk yang memang masih belum pernah mendapat KTP-el, maka disarankan untuk menggantinya dengan Surat Keterangan pernah merekam, yang juga didapat dari Disdukcapil. Simak selalu ketersediaan blangko dan material KTP lainnya di website kami.

20Des
18

eka

Isi Pesan :

untuk pembuatan akta diperlukan surat dari rt atau tidak?terimakasih

Balasan :

Syarat-syarat pembuatan akta lahir adalah: a) Asli surat keterangan lahir dari dokter/bidan/penolong kelahiran; b) Fotocopy surat nikah/kutipan akta perkawinan yang dilegalisir oleh lembaga yang mengeluarkan; c) Fotocopy Kartu Keluarga dimana penduduk didaftarkan sebagai anggota keluarga; d) Fotocopy KTP-el masing-masing yaitu orang tua/wali, pelapor, dan saksi 2 orang; e) Paspor bagi WNI bukan penduduk dan orang asing. f) Dalam hal Surat Keterangan Lahir tidak terpenuhi, maka pemohon melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran Data Kelahiran. Pengantar RT diperlukan jika memang biodata tidak ada di dalam KK, karena untuk penambahan jiwa diperlukan pengantar RT. Tetapi jika biodata yang akan dibuatkan akta kelahiran sudah ada di dalam KK, maka pengantar RT tidak diperlukan.

06Des
18

Meidi riawan

Isi Pesan :

Permisi pak mau tanya, kalau mau ambil e-ktp yg sudah jadi di capil tapi ktp sementara saya hilang. Apakah ktp asli saya bisa di ambil tanpa ktp sementara? Gmna solusinya? Terimakasih ..

Balasan :

Tidak masalah. Bawa saja foto kopi KK yang ada, lalu datang ke kantor Disdukcapil, tunjukkan data anda, karena kami akan mencocokkan data anda dengan daftar KTP yang telah dicetak.

04Des
18

Hengki

Isi Pesan :

Saya mau tanya untuk persyaratan pembuatan ktp pertama kali dan prosedurnya gimana yah, terimakasih.

Balasan :

Pembuatan KTP pertama kali cukup membawa foto kopi KK dan pas foto 2x3=1 lembar.

14Nov
18

rizki

Isi Pesan :

Saya ingin menanyakan tentang pembuatan akta keelahiran baru 1. apakah masih diperlukan surat keterangan lahir dari RS, bila nama anak sudah masuk di KK?karna surat keterangan lahir sudah diserahkan ke disdukcapil Kota Blitar tempat kami yang lama, namun karna kami baru mengurus pergantian status belum menikah menjadi sudah menikah dan KTP kami belum jadi sehingga belum membuat akta kelahiran anak kami, dan sekarang kami sudah pindah penduduk Kota Pontianak 2. apakah diperluhkan fotocopy buku nikah yang dilegalisir?karna kami menikah di Jawa Tengah ataukah buku nikah bisa dilegalisir di KUA setempat tempat kami tinggal sekarang? terima kasih

Balasan :

Terima kasih saudara Rizki. Jaaban kami adalah: 1. SKL tetap diperlukan, asli atau legalisir. Jika tidak ada dapat mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran Data Kelahiran. 2. Legalisir Buku Nikah juga merupakan syarat. Untuk legalisasi buku nikah terbitan luar propinsi, dapat dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar.

13Nov
18

ega

Isi Pesan :

berapa lama proses ganti e-ktp yang rusak ?

Balasan :

Terima kasih saudara Ega. Proses ganti KTP-el yang rusak adalah: 1. Membawa KTP-el yang rusak tersebut 2. Anda bisa datang ke Seksi Identitas Penduduk di lantai 1 Kantor Disdukcapil Kota Pontianak untuk mengganti KTP-el anda tersebut.

05Okt
18

Mita

Isi Pesan :

permisi, KTP saya hilang. bagaimana cara mengurusnya dan apakah dikenai biaya tambahan? terima kasih.

Balasan :

Silakan buat surat keterangan kehilangan kepolisian, lalu anda dapat mendatangi bidang pelayanan pendaftaran penduduk, Lantai 1, kantor Disdukcapil Kota Pontianak. Dan yidak dikenakan biaya tambahan.

03Okt
18

nurul khairunnisa

Isi Pesan :

kenapa nik saya tidak ditemukan. bagaimana solusinya

Balasan :

Berdasarkan analisis kami, pertanyaan anda berkisar pada tidak ditemukannya NIK ada pada saat masuk ke dalam aplikasi tertentu yang memanfaatkan data kependudukan. Jika NIK tidak dapat ditemukan, berarti harus disinkronkan NIK nya dengan database yang ada di Data Center kemendagri. Jadi silakan datangi lantai 3, kantor Disdukcapil Kota Pontianak. Atau dapat memberi info dengan format berikut: # Nama_Lengkap # Nomor_Induk_Kependudukan (NIK) 16 digit # Nomor_Kartu_Keluarga (KK) 16 digit # Nomor_Telp # Permasalahan Contoh: # AISAH # 73130251xxxxxxxx # 73130229xxxxxxxx # 081545511xxx # Sinkronisasi CPNS lalu kirim ke: WA : 08118005373 SMS : 08118005373 Email : callcenter.dukcapil@gmail.com atau dapat menghubungi Hotline dengan nomor 1500537.

02Okt
18

Josua Leonardo

Isi Pesan :

Mau nanya tentang KTP asli dan bukan sementara saya kapan bisa diambil ya? NIK :7102201308990001 A/n : Josua Leonardo Tumipa Saya sudah mengurus sekitar 3 bulan yang lalu. Kira kira kapan saya bisa ambil yang aslinya?

Balasan :

Anda bisa datangi Lantai 3 Ruang pencetakan KTP-el, Kantor Disdukcapil, Jl. Sutoyo.

02Okt
18

Mila Mahfudiawati

Isi Pesan :

Selamat pagi, saya ingin menanyakan, kalau KTP dan KK luar pontianak apakah bisa legalisir di pontianak? Terimakasih

Balasan :

Selamat siang, kalau KK dan KTP luar domisili, Disdukcapil Kota Pontianak tidak dapat melegalisirnya. Terima kasih.

22Sep
18

Ade

Isi Pesan :

Bapak/Ibu Mohon tanya, e-KTP sy sebelumnya dari Mempawah, namun setelah menikah blm ada pergantian e-KTP Pontianak, namun KK sudah KK Kota Pontianak.. Pertanyaannya, apakah perlu cetak ulang E-KTP nya, karena utk proses CPNS.. Jika perlu, apakah saat ini Blanko e-KTP tersedia?

Balasan :

Selamat siang Bapak Ade. KTP-el anda perlu dicetak ulang dan blangko KTP-el sudah tersedia. SIlakan anda mendatangi kantor Disdukcapil Kota Pontianak, Jl. Sutoyo, di lantai 1 dan temui Kepala Seksi Identitas Penduduk untuk mengajukan pencetakan ulang KTP-el anda. Jangan lupa sertakan foto kopi KK dan KTP-el lama Anda. Terima kasih dan salam hormat dari kami.

19Sep
18

sam

Isi Pesan :

hallo saya ingin bertanya. nama saya di E-KTP adalah Samuel Zwageri sedangkan di KK dan AK saya nama saya Samuel Zwageri Simanungkalit. apakah kedepan nya akan ada kendala? jika berkendala apakah bisa di perbaiki? saya saat ini berada di luar kota, apakah bisa di wakili oleh keluarga saya ? dan apa saja syarat serta alur tata cara untuk memperbaiki nya? atau apakah bisa di perbaiki di posisi kota dimana saat ini saya berada? terima kasih

Balasan :

Selamat pagi sdr. Samuel. Mengenai KK dan AK yang sudah benar itulah yang menjadi acuan untuk KTP-el nya. jadi saran kami, anda wajib mengganti KTP-el nya dengan cara membawa foto Kopi KK dan KTP-el lama yang anda pegang. Bawa syarat2 tersebut ke kantor Disdukcapil lantai 1, Jl. Sutoyo dan silakan temui bapak Kasi Identitas Penduduk. Untuk pencetakan ulang, bisa diwakilkan selama syaratnya terpenuhi. Terima kasih dan salam hormat dari kami.

19Sep
18

maria

Isi Pesan :

berapa lama waktu akte kelahiran yang hilang diterbitkan duplikatnya setelah berkas masuk?

Balasan :

Selamat pagi sdr Maria. Kutipan 2 akta hilang berdasarkan SOP adalah 5 hari kerja, dengan catatan berkas lengkap dan data sudah sesuai antara kutipan akta dan KKnya. Apabila akta yg dimohon diterbitkan oleh Dukcapil lain, maka bisa memakan waktu lebih lama, karena harus menunggu jawaban konfirmasi dari Disdukcapil penerbit. Sekian dan salam hormat buat anda.

14Sep
18

Kevin

Isi Pesan :

Mau buat dan rekam eKTP tadi pagi Jum'at ,14 September tidak bisa karena jaringan nya gangguan. Ketika ditanya kan kapan akan normal kembali , di jawab tidak tahu. Kalau gini yang butuh eKTP untuk keperluan administrasi seperti buat SIM ,pembukaan rekening menjadi terhambat. Mohon segera di normalkan kembali. Saya mengaku kecewa dengan pelayanan nya.

Balasan :

Selamat pagi saudara Kevin. Mohon maaf karena hal ini membuat ketidaknyamanan saudara dalam mendapatkan layanan kami. Untuk diketahui bahwa jaringan komunikasi data KTP-el difasilitasi oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri (Pusat), sehingga jika terdapat gangguan jaringan KTP-el adalah di luar kendali kami untuk mengatasinya. Prosedur yang kami lakukan adalah segera melapor untuk ditindaklanjuti oleh Pusat. Hal ini pula lah yang mungkin tersampaikan oleh pegawai kami ke saudara ketika ditanya kapan jaringan akan normal kembali. Untuk gangguan jaringan yang terjadi pada hari Kamis sore tanggal 13 September 2018, telah dilaporkan ke Pusat pada Jum'at pagi keesokan harinya dan telah selesai dikerjakan pada Jumat sore tanggal 14 September 2018. Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Salam hormat kami buat Anda.

16Agu
18

Septian

Isi Pesan :

Mohon untuk ditertibkan bagian informasi di dukcapil. Karna yang seharusnya menjadi pintu pertama pelayanan, namun sering kosong dan tambah bagian informasi jangan hanya 1 loket saja. Sehingga untuk bertanya informasi mengenai kependudukan harus dilempar2. Dan berikan bekal pengetahuan kepada anak magang sehingga masyarakat tidak melihat adanya orang ramai diloket pengambilan hanya untuk bersenda gurau dan ngerumpi.

Balasan :

Terima kasih atas saran dan masukan anda. Akan kami jadikan bahan pertimbangan lebih lanjut di internal kami.

15Jul
18

julian sugara

Isi Pesan :

preses e-ktp saya dengan nama julian sugara nik 61710314117300007

Balasan :

Mohon maaf dari kami karena ada masalah dalam sistem sehingga baru dibalas. Anda bisa datang ke lantai 3 kantor Disdukcapil untuk mengkonfirmasi KTP anda.

12Jul
18

Dabid rainer irianto hutajulu

Isi Pesan :

Selamat siang. Saya David Rainer Irianto Hutajulu. KTP saya hilang dan sudah mengurus surat kehilangan. Saya perlu KTP untuk urusan internship kedokteran di sumatera utara dan mengurus berkas berkas saya yang hilang juga seperti SIM A dan C serta kartu ATM saya. Apakah saya bisa mencetak KTP saya di kantor catatan sipil langsung? Terima kasih

Balasan :

Mohon maaf dari kami karena ada masalah dalam sistem sehingga baru dibalas. Anda bisa datang ke lantai 3 kantor Disdukcapil untuk mengkonfirmasi kehilangan KTP anda.