Mulai 1 Juli, Dokumen Kependudukan Menggunakan Kertas HVS Putih

  • BY IRNI
  • ON 13 JULI 2020
  • 603 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_8488255726_WhatsApp_Image_2020.07.10_at_2.21.08_PM.jpeg

Pontianak (13/07/2020).

Sebagai bentuk penerapan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak melakukan penyesuaian. Di mana pencetakan dokumen kependudukan akan menggunakan Kertas HVS Putih Ukuran A4 80gr. Sedangkan untuk KTP-el dan KIA akan tetap menggunakan blanko yang sama.

Kadis Dukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani, S.Sos, M.Si menjelaskan bahwa seluruh dokumen administrasi kependudukan mulai tanggal 1 Juli 2020 akan menggunakan kertas putih. Hal ini sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 109 Tahun 2019. “Ada pergantian dokumen cetak Adminduk dari kertas Security Printing ke Kertas HVS Putih A4 80gr. Kecuali untuk KTP-el dan KIA tetap menggunakan blanko security printing”, kata Erma.

Adapun dokumen yang mengalami perubahan media cetak yaitu Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan (Non Muslin), Akta pengakuan Anak, Akta Pengesahan Anak dan dokumen lainnya. Namun demikian, Erma menjelaskan bahwa dokumen kependudukan sebelumnya yang menggunakan blanko security printing masih tetap berlaku dan tidak perlu diganti kecuali ada perubahan elemen data, hilang atau rusak pada dokumen tersebut.

“Jadi  yang sudah mencetak sebelumnya dengan menggunakan blanko security printing, masih tetap sah dan berlaku sebagai dokumen adminduk”, jelas Erma.

Bagi masyarakat yang telah melakukan pelayanan di Disdukcapil dan memberikan alamat email dan no HP, pencetakan dokumen kependudukan juga dapat dilakukan secara mandiri dengan menggunakan NIK dan PIN yang dikirim ke masing-masing email terdaftar. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak