Masuki Tahun Baru 2020, Ini Pesan Dirjen Dukcapil Kemendagri

  • BY IRNI
  • ON 06 JANUARI 2020
  • 187 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3915238119_1577940662Zudan_PKS_RS.jpg

Untuk Rekan-Rekan Dukcapil Pusat-Daerah dan Perwakilan RI di Seluruh Dunia.
Selamat Tahun Baru, Tetap Semangat, Tetap Berprestasi dan Lanjutkan GISA dan Go Digital.

Rekan Dukcapil di Seluruh Indonesia dan Perwakilan RI di Seluruh Dunia, Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sangat keras dan semangat tertinggi selama 365 hari bekerja dari teman-teman semuanya. 

Kerja smart itu terbukti, sepanjang 2019 serapan anggaran Ditjen Dukcapil mencapai 99,01 persen per 31 Desember 2019. Angka ini merupakan yang terbesar kedua di lingkungan Kemendagri. 

Selama tahun 2019, tak kurang lima penghargaan diraih jajaran Dukcapil, yaitu:

1. Dari Esri Internasional, sebagai pemenang pertama Map Gallery dengan GIS Internasional.
2. Kandhaga Award dari PLAN Internasional untuk pemberian Akta Kelahiran di seluruh Indonesia yang non diskriminatif.
3. Penghargaan Inovasi Top 99 dari Kemenpan RB untuk inovasi Surat Pernyatan Tanggung Jawab Mutlak (SUPERTAJAM) dalam percepatan akta kelahiran.
4. Penghargaan Inovasi Top 45 dari Kemenpan RB untuk Inovasi SUPERTAJAM. 
5. Penghargaan Top 99 untuk Inovasi Pemanfaatan Data Kependudukan dalam pelayanan publik dari Kemenpan RB, untuk Pemanfaatan Data Kependudukan Terintegrasi secara Online untuk Mewujudkan Single Identity Number (SIJUWITA).

Terkait pencapaian kinerja, saat ini Dukcapil sudah mengelola data kependudukan sebanyak 266.534.836 jiwa, masing-masing terdiri dari 31 elemen data mulai dari nama, alamat hingga golongan darah.

Adapun jumlah penduduk yang sudah merekam data KTP-el terus meningkat. Tahun ini sudah mencapai 98,79 persen dari 193 juta penduduk wajib KTP. 

Cakupan akta lahir untuk anak umur nol sampai dengan 18 tahun mencapai 91 persen atau 6 persen lebih besar dari target Presiden RI sebesar 85 persen. 

Jumlah kabupaten/kota yang sudah menyelenggarakan penerbitan kartu identitas anak (KIA) adalah sebanyak 482 kabupaten/kota. Hanya kurang 32 daerah yang belum melaksanakan. 

Sementara daerah yang sudah menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) untuk dokumen kependudukan adalah sebanyak 505 kabupaten/kota sejak diluncurkannya program besar Dukcapil Go Digital pada Februari 2019. Artinya tinggal 9 daerah yang belum melaksanakan TTE.

Kita juga sudah menerbitkan lebih dari 3.500 NIT (Nomor Identitas Tunggal) sebagai NIK untuk WNI di luar negeri. Selain itu, juga sudah bisa menerbitkan Akta Kelahiran, Akta Kematian, akta perkawinan dengan standar yang sama dengan yang di dalam negeri. 

Dengan semua capaian tersebut saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya, selain rasa bahagia sekaligus bangga dengan kinerja teman-teman semua. Hasil yang kita capai kini merupakan akumulasi pekerjaan kita sejak Ditjen Dukcapil didirikan pertama kali didirikan. Kalau ada yang baik tolong dijaga bersama, kalau ada kekurangan tolong kita sama-sama perbaiki.

Saya mengajak dan mendorong agar kinerja segenap Korps Dukcapil di tahun 2020 harus lebih bagus lagi kualitasnya.

Mari terus membangun budaya kerja yang penuh inisiatif, terus berinovasi, jaga amanah, sabar dan penuh semangat adaptif dalam bekerja dari pusat sampai kabupaten/kota.

Program yang akan terus berlanjut, antara lain gerakan sadar administrasi kependudukan (GISA) dan Dukcapil Go Digital. 

Masyarakat harus terus sadar tentang pentingnya Adminduk, seluruh masyarakat dan lembaga pengguna data juga mesti sadar data kependudukan ini harus terus di-update. Begitu juga tanda tangan elektronik (TTE) ditingkatkan dari 2 sampai 5 dokumen menjadi semua dokumen diteken dengan TTE.

Kita juga terus mendorong Indonesia Integrated dan Connected melalui data dukcapil yang saat ini sudah mulai digunakan untuk verifikasi oleh lebih dari 1600 lembaga pengguna.

Kita juga harus memberantas pungli, dan terus berinovasi. Semua blanko KTP-el rusak, invalid, ganti elemen data harus dibakar setiap hari.

Tetap Kompak dan Solid. Satu Barisan Pusat dan Daerah. Maju Serentak, Maju Bersama Untuk Membahagiakan Masyarakat.

Salam Takzim,

Zudan Arif Fakrulloh 
Dirjen Dukcapil

Tags Terkait

Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat Wonderful Borneo Kalbar Kota Pontianak