Konsolidasi Masalah Status Perkawinan DISDUKCAPIL Undang KUA dari Seluruh Kecamatan

  • BY IRNI
  • ON 29 MEI 2019
  • 80 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_997477284_WhatsApp_Image_2019.05.28_at_10.17.05.jpeg

Pontianak. (29/05/2019). Semakin seringnya permintaan dari warga terkait perubahan data perkawinan dalam Kartu Keluarga yaitu Status Kawin Belum Tercatat menjadi status Belum Kawin dalam mengurusan perkawinan, dibutuhkan koordinasi yang kuat dengan Dinas Dukcapil kabupaten/kota setempat. Beranjak dari pemahaman tersebut, Dinas Dukcapil Kota Pontianak mengundang rapat konsolidasi masalah status perkawinan dengan beberapa pihak terkait yaitu Kantor Urusan Agama 6 (enam) Kecamatan di Kota Pontianak, pada Selasa, 28 Mei 2019.

Bertempat di Ruang Sekretaris Dinas Dukcapil, hadir dalam rapat yaitu Kepala Kantor Urusan Agama dari masing-masing Kecamatan, Yopie Indra Pribadi, S.Kom, M.Eng Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data, Uray Berti Apriani, SH, M.Hum Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Juhendri, A.Md Kasi Pendataan Penduduk, Rajali, A.Ma Kasi Pindah Datang, Cassius Juneda, SE Kasi Identitas Penduduk, Yani Praptanto, S.Kom Kasi Pengolahan dan Penyajian Data, Indra Gunawan, S.Kom Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Irni Irmayani Kasi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan dan Ferdita, SH Kasi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian .

Pembicaraan membedah persoalan warga yang datang ke DISDUKCAPIL untuk merubah statusnya di Kartu Keluarga dari Kawin Belum tercatat menjadi Belum Kawin, maka dicari penyelesaian yang bisa dilakukan untuk kasus tersebut.

Hasil dari rapat konsolidasi tersebut diantaranya adalah:

  1. Kartu Keluarga (KK) / Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) tidak bisa dijadikan acuan untuk perubahan elemen data. Dokumen yang bisa menjadi acuan adalah dokumen tertua yaitu:  Akte Lahir, Ijazah, dan Surat Nikah.
  2. Untuk perubahan status kawin tidak tercatat menjadi belum kawin di dalam dokumen Kartu Keluarga (KK) harus disertai pengantar untuk perubahan status pernikahan dari Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dengan melampirkan Putusan Pengadian penolakan Isbat Nikah dari Pengadilan Agama.

 

(ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak