Jenis Pekerjaan Anda

https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_311896163_infografis_jenis_pekerjaan.jpg

Sukses seringkali tergantung pada definisi kesuksesan tersebut. Ada orang yang dinilai sukses, karena antara passion dengan job yang digelutinya nya seiring sejalan. Ada juga yang tidak seiring sejalan, tetapi juga dinilai sukses. Setidaknya seseorang harus belajar untuk selalu mengasah iman/keyakinan + ability + effort + attitude untuk meraih kesuksesan dalam karir dan pekerjaan. Coach Rene Suhardono pernah bilang Karir adalah perjalanan dan pekerjaan adalah alat yang bermanfaat dalam perjalanan itu. 

Bicara tentang pekerjaan, di dalam administrasi kependudukan juga ada pilihan jenis pekerjaan yang termuat dalam database. Mau tahu jenis pekerjaan apa yang ada di dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan(SIAK)? Di dalam SIAK, terdapat pilihan sebanyak 89 (delapan puluh Sembilan) jenis pekerjaan. Dari mengurus rumah tangga sampai dengan wiraswasta. Bahkan yang belum bekerja pun masuk dalam pilihan pekerjaan. Beberapa diantara jenis pekerjaan dapat disebutkan seperti Pegawai Negeri SIpil, TNI, Polri, Perdagangan, Petani/Pekebun, Wartawan, Transportasi, Pialang, Paranormal, Tabib, Konsultan, Pedagang.

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 berpotensi menyebabkan hilangnya pekerjaan di dunia yang dapat memunculkan persoalan baru. Selain itu, pada saat sekarang ini yang dibutuhkan penduduk usia produktif tak hanya lagi sekedar lapangan pekerjaan, tapi sudah harus ke mengarah pekerjaan yang layak (good jobs). Seiring dengan hal itu, pekerjaan baru dan lebih spesialis mungkin harus dimunculkan dalam pilihan jenis pekerjaan yang ada di SIAK, seperti misalnya social worker, IT specialist. Tujuannya untuk memastikan komposisi tenaga kerja yang ada di lapangan dan lebih menggambarkan kondisi demografi yang ada. Namun, tentu saja semua harus lewat kajian yang matang.

Tetapi yang pasti, try to be enthusiastic about Your Own Job & Life.