Harjad Kota Pontianak, Walikota Launching Mobil Pelayanan Disdukcapil

  • BY IRNI
  • ON 23 OKTOBER 2021
  • 457 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3756308290_DB6E6A76.578A.4B2D.B9CD.FFA2A8191D31.jpeg

Pontianak (23/10/2021). Pada hari Sabtu Tanggal 23 Oktober 2021, Kota Pontianak berulang tahun ke 250. Untuk memperingatinya, Pemerintah Kota Pontianak mengadakan apel terbatas yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, SH, MH dan perwakilan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama membangun Kota Pontianak dengan ikut menjaga dan peduli terhadap lingkungan. 

"Jangan membuang sampah sembarangan, tanamilah lahan pekarangan dan lahan yang ada dengan tumbuhan sehingga menjadikan kota hijau, sejuk dan asri," ujarnya pada apel puncak Hari Jadi ke-250 Kota Pontianak di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Sabtu (23/10/2021).

Edi menyebutkan, Kota Pontianak dihari jadinya ke-250 adalah momentum agar bisa sejajar dengan kota kota besar di Indonesia. Kota Pontianak tidak memiliki Sumber Daya Alam sehingga penting bagi Pontianak untuk mempertahankan budaya yang ada di dalamnya. Penting untuk mempromosikan Kota Pontianak sebagai Kota jasa dan perdagangan serta sebagai tujuan pariwisata domestik di Indonesia yang saat pandemi Covid-19 menjadi kurang menguntungkan.

Gubernur Kalbar Sutarmidji menuturkan letak Kota Pontianak sebagai ibu kota Provinsi Kalbar yang dahulu dipilih Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie sebagai pendiri Kota Pontianak, sangat strategis. Pasalnya, bila dilihat dalam peta dunia, persimpangan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak memiliki karakter mirip dengan Kota Lyon di Prancis. Meskipun menurutnya bangunan di sisi kiri dan kanannya berbeda dengan yang ada di Pontianak. 

"Tapi bukan berarti kita harus ikut itu. Kedepan nuansa tradisional akan menjadi suatu obyek wisata tersendiri. Waterfront Pontianak itu kalau dipoles sedikit sudah menjadi waterfront terbaik yang ada di Indonesia. Kita aja yang tidak merasakannya," ucapnya.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai acara tambahan diantaranya launching mobil pelayanan keliling Adminduk oleh Walikota Pontianak ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis. Selanjutnya pelayanan keliling adminduk akan dijadwalkan oleh Disdukcapil Kota Pontianak dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Erma suryani, S.Sos.M.Si  kepala Disdukcapil kota Pontianak menuturkan.

Mobil pelayanan Disdukcapil dilengkapi dengan peralatan komputer yang mana dapat melayani pelayanan dokumen kependudukan mulai dari perekaman KTL-el, pencetakan KTP-el, pembuatan dokumen KK, Akta Kelahiran dan Kematian.

Ke depannya, dengan adanya mobil pelayanan ini, Disdukcapil dapat terus melayani masyarakat Kota Pontianak tidak hanya yang datang ke kantor, tapi dapat masuk ke wilayah permukiman penduduk dan titik lainnya agar seluruh masyarakat Kota Pontianak dapat memiliki dokumen kependudukannya dengan cepat dan mudah. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat Wonderful Borneo Kalbar Kota Pontianak