GISA di Kampung KB Kapuas Ceria

  • BY IRNI
  • ON 20 AGUSTUS 2019
  • 53 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_9760153717_WhatsApp_Image_2019.08.19_at_11.06.08.jpeg

Pontianak (20/08/2019). Pada hari Senin, tanggal 19 Agustus 2019 bertempat di Kampung KB Kapuas Ceria Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak selatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam hal pembuatan dokumen kependudukan.

Pada kesempatan kali ini, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat adalah:

  1. Pelayanan Akta Kelahiran,
  2. Pelayanan Akta Kematian,
  3. Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga,
  4. Pelayanan Perekaman KTP-el, dan
  5. Pelayanan pencetakan KIA langsung jadi

Kegiatan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan ini rutin dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak bersama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memiliki dokumen kependudukan dan mendukung program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Kota Pontianak.

Untuk diketahui bahwa sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, mengatakan bahwa anak berumur 0 hari sampai 17 tahun kurang satu hari perlu memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Bagi anak yang baru lahir pencetakan KIA bersamaan dengan Kutipan Akta Kelahiran.

Untuk anak di bawah 5 tahun yang sudah memiliki Akta Kelahiran, syarat penerbitan KIA adalah:

  • Fotocopy kutipan akta kelahiran dan memperlihatkan aslinya
  • KK orang tua/wali memperlihatkan aslinya
  • KTP-el kedua orang tua/wali memperlihatkan aslinya

Sedangkan untuk anak di atas 5 tahun persyaratan ditambah menyerahkan pas photo ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.

Selama kegiatan berlangsung, didapatkan pelayanan  akta kelahiran sebanyak 29 Akta, 2 Akta Kematian, 19 penyerahakn berkas pembuatan KK, 9 orang perekaman KTP-el dan 56 anak untuk pembuatan KIA. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak