Disdukcapil Gelar Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Itsbat Nikah, Penerbitan Akta Nikah dan Akta Kelahiran dalam Rangka Harjad Pontianak ke 248

  • BY IRNI
  • ON 25 OKTOBER 2019
  • 302 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_7615360653_WhatsApp_Image_2019.10.25_at_09.17.53.jpeg

Pontianak (25/10/2019). Pada hari Jum’at tanggal 25 Oktober 2019 bertempat di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, dalam momen merayakan hari jadi Kota Pontianak ke 248, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak bersama dengan Kementerian Agama Kota Pontianak dan Pengadilan Agama Kelas I Pontianak menggelar acara Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Itsbat Nikah Penerbitan Akta Nikah dan Akta Kelahiran.

Acara kali ini dijadwalkan dibuka oleh Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, namun dikarenakan berhalangan hadir, maka diwakilkan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak, Suparma. Turut hadir diantaranya Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Pontianak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kalimantan Barat, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Lurah se-Kota Pontianak.

Dalam sambutannya, Suparma menjelaskan masih ada penduduk yang berstatus kawin tidak tercatat yang mana memiliki keterbatasan ekonomi untuk mencatatkan status pernikahannya secara resmi. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pontianak bersama dengan lembaga terkait memfasilitasi pencatatan pernikahan yang dimaksud. Dengan adanya pencatatan ini, masyarakat akan mendapatkan kepastian hukum atas status perkawinan mereka, serta dapat menunjukkan hubungan perdata antara ayah dan anak-anak yang lahir dari perkawinan tersebut.

Masyarakat juga diharapkan untuk selalu aktif melaporkan peristiwa penting dan peristiwa kependudukan yang dialami, misalnya peristiwa kelahiran, kematian dan perkawinan. Mempunyai dokumen seperti Akta Kelahiran, Kematian dan Perkawinan tersebut adalah bersifat wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Target Nasional Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran adalah 90% anak usia 0-18 tahun telah berakhir tahun 2018. Untuk Kota Pontianak, jumlah anak usia 0-18 tahun adalah sebesar 210.213 jiwa, dan yang telah memiliki akta lahir tercatat sebesar 185.961 jiwa atau 88,46%. Sehingga masih ada 24,252 atau 11,54% anak di Kota Pontianak yang belum memiliki Akta Kelahiran.

Untuk meningkatkan capaian kepemilikan Akta Kelahiran, banyak terobosan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak, diantaranya bekerjasama dengan RS, Klinik bersalin, dan Bidang Praktek Mandiri baik online maupun offline untuk penerbitan Akta Lahir. Selain itu, Disdukcapil juga melakukan jemput bola pelayanan akta lahir ke skeolah-sekolah, rumah ibadah, permukiman warga dan kantor kelurahan sehingga masyarakat memperoleh kemudahan dari segi jarak dan waktu.

Sebanyak 100 pasang peserta yang memenuhi syarat yang selama ini status perkawinannya di Kartu Keluarga adalah Kawin Tidak Tercatat dilakukan Itsbat Nikah menjadi Kawin Tercatat pada hari ini tanggal 25 Oktober 2019. Para peserta yang mengikuti sidang itsbat langsung menerima penetapan sidang itsbat dan penerbitan buku nikah serta pencetakan Kartu Keluarga baru dengan status perkawinan tercatat, serta perubahan status anak pada akta kelahiran.

Salah satu pasangan suami istri yang ikut dalam sidang itsbat adalah Ahmad Ro’i dan istrinya, Nasiyanti asal Kelurahan Bansir Darat. Mereka yang dijumpai oleh awak Disdukcapil pada saat menunggu kesempatan mendapatkan akta nikah, mengatakan bersyukur sekali atas adanya Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Itsbat Nikah. Sang suami Ahmad, mengaku telah menikah secara agama sejak  26 tahun yang lalu dan memiliki 3 (tiga) orang anak. Ahmad juga mengatakan kalau sidang itsbat ini membuat kejelasan pada saat waris kepada anak-anaknya. Menimpali suaminya, Nasiyanti seraya tersenyum, mengatakan kalau di dalam kutipan akta kelahiran anak mereka sekarang hanya ada tertulis nama dirinya saja, tetapi tidak ada nama suaminya yang tertera di dokumen itu. Pada akhir wawancara, kami mengabadikan foto mereka berdua.

 

(ir)

Tags Terkait

Disdukcapil Kota Pontianak