16 Pasang Pengantin Umat Konghucu Lakukan Pencatatan Perkawinan Masal

  • BY IRNI
  • ON 10 FEBRUARI 2021
  • 396 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_7665830215_WhatsApp_Image_2021.02.09_at_11.24.34_AM.jpeg

Pontianak (10/02/2021). Pada hari Selasa tanggal 9 Februari 2021, bertempat di Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak bekerja sama dengan Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Pontianak mengadakan jemput bola Pencatatan Perkawinan Masal.

Pelayanan Pencatatan Perkawinan Masal untuk umat Konghucu ini bukan pertama kali digelar. Pada tahun 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak juga mengadakan 2 Sesi untuk lebih dari 50 pasangan. Tujuan diadakannya Nikah Masal untuk pencatatan sipil ini adalah mempercepat pelayanan dan mempermudah masyarakat Kota Pontianak melakukan pelayanan pencatatan perkawinan.

Dengan masuknya Disdukcapil Kota Pontianak hingga ke Kelurahan untuk Pencatatan Perkawinan ini, diharapkan masyarakat lebih paham pentingnya pencatatan pernikahan di Disdukcapil setelah melakukan pernikahan adat dalam hal ini terutama bagi masyarakat beragama Konghucu.

Pasangan yang hadir pada hari Pencatatan Masal sangat beragam, mulai dari pasangan yang berumur 20 tahun yang baru saja melakukan nikah agama, hingga pasangan yang telah berumur 60 tahun yang telah lebih dari 30 tahun menikah secara agama namun belum pernah mencatatkan pernikahannya di Pencatatan Sipil.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak terus berupaya untuk masyarakat sadar akan pentingnya pencatatan perkawinan di Pencatatan Sipil karena yang diakui negara adalah perkawinan di pencatatan sipil, bukan di tempat ibadah. (ir)

Tags Terkait

Disdukcapil