Selamat Datang...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak (The Pontianak Agency of Population Administration and Civil Registry) dapat menyediakan layanan informasi kepada masyarakat serta para pemangku kepentingan melalui layanan website dengan alamat http://disdukcapil.pontianakkota.go.id. Website ini dibangun guna memudahkan para pemangku kepentingan dalam memperoleh informasi tanpa kendala ruang dan waktu.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan meliputi pemerataan dan akses informasi, peningkatan mutu kebermaknaan dan daya saing serta meningkatkan pengelolaan, akuntabilitas dan pencitraan publik serta berusaha menciptakan aksesibilitas informasi yang akan menjadi penghubung antara pembuat kebijakan dengan para pemangku kepentingan. Aksesibilitas informasi harus adaptif, dan responsif terhadap perubahan zaman dan teknologi informasi.
Tertanda, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak
Drs. H. Suparma, M. Si.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

HIMBAUAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN VALIDASI DATA


Pontianak, 29 Februari 2016

Demi mempertegas terciptanya Tertib Administrasi Kependudukan dan Validasi data Kependudukan, maka dengan ini diberitahukan kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak agar:

1. Melampirkan seluruh dokumen pendukung yang dimiliki berupa kutipan Akta Kelahiran, Surat Nikah/Kutipan Akta Perkawinan, Ijazah dalam pengurusan surat pindah datang/keluar antar RT/RW, antar Kelurahan, antar Kecamatan, antar Kabupaten/Kota, dan antar Provinsi.

2. Bagi penduduk dengan status perkawinannya kawin/menikah harus pecah Kartu Keluarga, suami dan istri jadi satu Kartu Keluarga meskipun tinggal dalam satu rumah/alamat dengan orang tua yang bersangkutan.

3. Bagi penduduk dengan status perkawinannya kawin/menikah tetapi tidak memiliki Surat Nikah/Kutipan Akta Perkawinan tidak dibenarkan untuk didaftarkan di Kartu Keluarga dengan status perkawinan Kawin, akan tetapi Belum Kawin dan Status Hubungan Dalam Keluarga adalah Lainnya dan untuk anggota keluarganya hasil perkawinan/pernikahan yang orang tuanya tidak memiliki Surat Nikah/Kutipan Akta Perkawinan Status Hubungan Dalam Keluarga Famili Lain.

Sekian dan Terima Kasih.


Jumlah Penduduk Kota Pontianak = 653.030, Lk=328.851 , Pr=324.179
Buka link berikut, http://disdukcapi...eadmore=64

INFO
Antisipasi Masalah Penerimaan Mahasiswa daring, Ditjen Dukcapil Buka Kanal Aduan
Dikirim oleh  yopie yopie Postedpada  16-03-2017 04:39 16-03-2017 04:39 58  Dibaca 58 Dibaca  0 Komentar 0 Komentar
printer
External event

Pontianak. Mengantisipasi keluhan warga yang mendaftar penerimaan mahasiswa melalui aplikasi pendafataran daring, Ditjen Dukcapil Kemendagri telah membuka kanal aduan yaitu Call Center 1500537, email di alamat callcenter.kemendagri@gmail.com, facebook dengan akun Ditjen Dukcapil, twitter dengan akun @ccdukcapil, via whatsapp dan sms di nomor 08118005373, dengan layanan operasional Senin - Jum'at, jam 08.00 s/d 17.00 WIB.

 

Pontianak. Mengantisipasi keluhan warga yang mendaftar penerimaan mahasiswa melalui aplikasi pendafataran daring, Ditjen Dukcapil Kemendagri telah membuka kanal aduan yaitu Call Center 1500537, email di alamat callcenter.kemendagri@gmail.com, facebook dengan akun Ditjen Dukcapil, twitter dengan akun @ccdukcapil, via whatsapp dan sms di nomor 08118005373.

Sebagaimana yang diketahui, sejak hari Jum'at (10/03), Disdukcapil telah menerima aduan dari warga yang mengalami masalah dalam pendaftaran daring penerimaan mahasiswa. Permasalahan itu timbul dalam pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan aplikasi pendaftaran. Untuk diketahui pada tahun 2016, Disdukcapil juga telah menerima aduan warga tentang hal serupa pada saat penerimaan Panselnas. Bahkan di tahun 2016 pula, Disdukcapil Kota Pontianak diadukan ke Komnas HAM dan Ombudsman perihal tidak bisanya data NIK mereka masuk ke dalam aplikasi.

Salah seorang warga bernama Karmila sejak Senin (13/03) s/d Rabu (15/03) terus mendatangi Disdukcapil untuk mempertanyakan mengapa data anaknya tidak bisa masuk ke dalam aplikasi. Mengatasi masalah tersebut, Disdukcapil telah berusaha menghubungi Call Center berikut pegawai Ditjen Dukcapil untuk menanyakan permasalahan ini. Selain itu juga disarankan kepada ibu Karmila untuk menghubungi langsung nomor kontak yang telah diberi, karena persoalan ketidakcocokan data tidak bisa diselesaikan di level daerah (kab/kota). Pada Kamis (16/03) pagi, ibu Karmila kembali mendatangi Disdukcapil untuk memberitahu bahwa pertanyaannya via whatsapp telah dijawab dan jawaban yang ia dapat adalah dianjurkan untuk mencoba kembali mendaftar. Jika ada permasalahan dapat menghubungi kembali nomor whatsapp tersebut. Harapan Karmila dan juga harapan warga yang lain adalah agar anaknya bisa mendaftar melalui aplikasi dan NIK dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pemkot Pontianak terima Penghargaan KEMENPANRB, Disdukcapil Raih Kategori A
Dikirim oleh  yopie yopie Postedpada  02-03-2017 08:24 02-03-2017 08:24 68  Dibaca 68 Dibaca  0 Komentar 0 Komentar
printer
Pemkot Pontianak terima Penghargaan KEMENPANRB, Disdukcapil Raih Kategori A

Pontianak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak menyandang predikat sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori A berdasarkan hasil evaluasi terhadap 59 Kabupaten/Kota Role model sesuai dengan KepMenPAN nomor 9.1 Tahun 2017 tentang Penetapan 15 Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dan 2 Pembina Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik. Selain itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) kembali menyematkan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik. Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPANRB) Asman Abnur kepada para Pembina serta Pimpinan Penyelenggara Pelayanan Publik Role Model di Ruang Serbaguna, Kemen PAN-RB, Jakarta (Kamis, 2/3). Untuk penerima penghargaan Kota Pontianak diserahkan langsung kepada Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Silaturahmi Rekan Disdukcapil Singkawang, Sambas, dan Kayong Utara ke Pontianak
Dikirim oleh  yopie yopie Postedpada  24-02-2017 08:05 24-02-2017 08:05 62  Dibaca 62 Dibaca  0 Komentar 0 Komentar
printer
Silaturahmi Rekan Disdukcapil Singkawang, Sambas, dan Kayong Utara ke Pontianak

Pontianak. Kamis pagi, tanggal 23 Februari 2017, bertempat di ruang Kadis, Disdukcapil Kota Pontianak mendapat kunjungan kerja dari rekan-rekan Disdukcapil Kota Singkawang dan Disdukcapil Kabupaten Sambas. Selain dari bersilaturahmi, maksud dari kedatangan mereka adalah untuk bertukar pikiran tentang konten uraian tugas fungsi (tusi) dari jabatan Disdukcapil yang hendak dituangkan ke dalam peraturan di masing-masing Pemda tersebut. Untuk diketahui bahwa Kota Pontianak, sudah memiliki aturan atau regulasi tentang hal dimaksud sesuai dengan Peraturan Walikota Pontianak Nomor 67 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi, Uraian Tugas serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.

Masyarakat Diimbau Segera Urus Administrasi Kependudukan
Dikirim oleh  yopie yopie Postedpada  22-02-2017 04:29 22-02-2017 04:29 67  Dibaca 67 Dibaca  0 Komentar 0 Komentar
printer
Masyarakat Diimbau Segera Urus Administrasi Kependudukan

Pontianak. Disdukcapil Kota Pontianak menghapus sanksi administrasi atau denda untuk pelayanan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Pelaporan Lahir Mati. Sebelumnya, setiap keterlambatan pengurusan akta tersebut, yakni di atas 60 hari sejak kelahiran atau kematian penduduk, dikenakan sanksi berupa denda senilai Rp50 ribu. Penghapusan denda itu berlaku mulai tanggal 1 Februari 2017. “Jadi, meskipun masyarakat terlambat mengurus akta-akta tersebut, mereka tidak akan dikenakan denda lagi, gratis,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Suparma saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/2/2017).

Pengguna Online
Statistics
Member Baru:
Hari ini: 0 » Minggu lalu: 0 » Bulan lalu: 0
Total ada 2 pengguna yang online :: 0 member dan 2 tamu
Jumlah pengguna yang sudah online 8 pada 19-05-2016 13:45
Member baru kami, ali :: Total Members: 903
Total members yang berkunjung hari ini: 0
Birthdays Tidak ada member yang berulang tahun hari ini